Anak usaha bongkar muat TMAS merger19/03/2013Emiten transportasi air, PT Pelayaran Tempuran Mas (TMAS) berencana melebur anak usaha. Yaitu PT Bongkar Olah Jasa Trisari Andal dengan PT Escorindo Stevedoring.
• Manajemen TMAS akan meminta persetujuan para pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Jumat (19/4). Kedua anak usaha tersebut bergerak di usaha bongkar muat. PT Escorindo Stevedoring adalah perusahaan yang baru mereka akuisisi. TMAS membeli 99,7% saham Ecorindo pada 31 Januari 2013. Nilainya Rp 4,98 miliar.
• Escorindo merupakan Perusahaan Bongkar Muat (PBM) Terseleksi versi Pelindo II. Nah, selama ini Jasa Trisari bukan merupakan PBM Terseleksi. Akibatnya, perusahaan kerap kesulitan melakukan kegiatan usaha. "Jadi kami akuisisi perusahaan yang sudah ada izin bongkar muatnya. Nanti akan digabungkan dengan anak usaha sejenis yakni Jasa Trisari yang belum punya status PBM Terseleksi.
• TMAS memang tengah giat berekspansi. Tahun lalu, TMAS meremajakan kapal dan menambah tujuh unit kapal baru dengan kapasitas 558 Teus per kapal. Nah, ekspansi itu membuat TMAS membutuhkan tempat sandar yang lebih besar untuk kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.
• Penggabungan ini jelas mengefisienkan waktu bongkar muat barang. TMAS berharap proses merger ini bisa disetujui pemegang saham dan rampung tahun ini. Dus, setelah merger, struktur anak usaha di bidang bongkar muat ini akan semakin besar. TMAS pun berniat meningkatkan struktur permodalan di anak usaha tersebut. Setelah merger, TMAS akan mengucurkan dana tambahan untuk ekspansi.
• Rencananya, TMAS akan menambah alat berat untuk bongkar muat. Dananya dari pinjaman bank, yakni CIMB Niaga Rp 120 miliar. Sutikno menambahkan, TMAS tengah mengkaji rights issue. TMAS juga ingin melanjutkan peremajaan kapal dengan mengganti kapal yang berusia 30 tahun dengan kapal baru.
Source: Kontan
News
News
..................................................................................
..................................................................................
Wed Sep 30 2020 04:51 PM
Copyright © 2014 PT Bumiputera Sekuritas All Rights Reserved
Best view Chrome and firefox
Visitor : 800792
Phone : 021-529-60155 (Hunting) | Hotline Online Trading : 021-522-4560
Jasa Pembuatan Website By IKT