Kepercayaan Konsumen Tetap Tinggi 02/01/2013JAKARTA, KOMPAS. com- Indeks Kepercayaan Konsumen atau IKK hanya sedikit berubah pada Desember 2012, yaitu hanya turun 0,1 persen dari 94,7 yang merupakan level tertinggi sejak bulan Maret 2005 menjadi 94,6. Demikian dikatakan Purbaya Yudhi Sadewa, Kepala Danareksa Research Institute (DRI), dalam siaran persnya yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Setiap bulan, DRI selalu menerbitkan IKK, sebagai salah satu indikator ekonomi bulanan sama halnya dengan perkembangan inflasi. Survei DRI menunjukkan, kuatnya kepercayaan konsumen pada Desember 2012 disebabkan meningkatnya penilaian masyarakat terhadap ketersediaan lapangan kerja dan meningkatnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi nasional dalam enam bulan mendatang.

Selain itu, menurut survei terakhir DRI, kekhawatiran masyarakat terhadap kenaikan harga bahan pangan semakin berkurang. Pada bulan Desember, konsumen yang menyatakan kekhawatiran mereka terhadap kenaikan harga bahan pangan turun dari 67,2 persen pada bulan November menjadi 63,7 persen. Dari kedua komponen utama yang membentuk IKK pada Desember, komponen yang menunjukkan keadaan saat ini (Indeks Situasi Sekarang / ISS) turun 1,2 persen menjadi 77,7 karena konsumen memberi penilaian yang lebih buruk terhadap keadaan ekonomi nasional dan ekonomi lokal.

Sementara itu, komponen IKK lainnya yang menunjukkan keadaan masa depan (Indeks Ekspektasi / IE), masih mengalami kenaikan sebesar 0,4 persen menjadi 107,2 pada bulan Desember. "Ini berarti optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi secara keseluruhan dalam enam bulan mendatang semakin meningkat," jelas Purbaya, yang juga anggota Komite Ekonomi Nasional (KEN).

Seiring dengan meningkatnya optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama juga meningkat pada bulan Desember. Berdasarkan hasil survei terakhir, sekitar 36,1 persen konsumen yang disurvei berencana untuk membeli barang-barang tahan lama dalam 6 bulan mendatang, naik dari 35,8 persen pada bulan November.

Level pada bulan Desember ini merupakan level tertinggi dalam enam bulan terakhir. Pada survei bulan Desember, konsumen merasa yakin bahwa tekanan inflasi akan sedikit menurun dalam enam bulan mendatang. Indeks yang mengukur sentimen konsumen terhadap inflasi turun sebesar 1,6 persen menjadi 186,0 pada bulan Desember. Level ini juga lebih rendah dari level pada bulan Desember tahun lalu.

Penurunan ini, jelas Purbaya, sangat menggembirakan karena harga-harga barang dan jasa biasanya justru cenderung naik menjelang akhir tahun karena musim paceklik dan adanya peningkatan permintaan terhadap bahan pangan, makanan jadi dan pakaian selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya menguat pada bulan Desember. Setelah menurun sebesar 2,1 peesen pada bulan November, Indeks Kepercayaan Konsumen terhadap Pemerintah (IKKP) naik sebesar 1,3 persen menjadi 84,0 pada bulan Desember.

Pada survei terakhir, tiga komponen yang membentuk IKKP meningkat sedangkan dua komponen lainnya menunjukkan penurunan. Komponen yang mengalami peningkatan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam menjaga stabilitas harga (indeks yang terkait naik sebesar 7,7 persen dari 66,4 menjadi 71,5 pada bulan Desember).

DRI berdiri sejak 1999 dan merupakan lembaga riset nirlaba. Dalam melakukan penelitian mengenai pergerakan ekonomi, salah satu alat ukur yang digunakan oleh DRI adalah indikator-indikator peringatan dini, termasuk survei mengenai kepercayaan konsumen. Survei Kepercayaan Konsumen DRI, menggunakan sampel sekurang-kurangnya 1.700 rumah tangga Indonesia dari enam wilayah survei. Survei ini menggunakan metode wawancara tatap muka.

Sampel untuk survei nasional ini telah dipilih sesuai dengan metodologi statistik untuk merepresentasikan karakter, demografi dan keadaan ekonomi konsumen Indonesia secara akurat.
(sumber : kompas.com)
News
News
..................................................................................
..................................................................................
Wed Jul 28 2021 05:43 AM
Copyright © 2014 PT Bumiputera Sekuritas All Rights Reserved
Best view Chrome and firefox
Visitor : 854506
Phone : 021-529-60155 (Hunting) | Hotline Online Trading : 021-522-4560
Jasa Pembuatan Website By IKT