Moody"s dan S&P dinilai Salah Beri Rating Asia08/03/2013Hasil riset yang mengejutkan dirilis oleh CMA. Riset tersebut menilai, Moody"s Investor Service dan Standard & Poor"s salah dalam memberikan peringkat utang bagi negara-negara di Asia Tenggara.
• Data CMA menunjukkan, biaya dari perlindungan surat utang yang dijual oleh Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Filipina terhadap risiko gagal bayar rata-rata berada di level 98 basis poin. Bandingkan dengan level 270 basis poin bagi Italia dan Spanyol untuk kategori yang sama. Sementara, tingkat utang Filipina yang menunjukkan angka 51% dari nilai Produk Domestik Bruto (PDB) dan Indonesia sebesar 25%, diberikan peringkat junk oleh S&P. Sedangkan, Italia yang tingkat utangnya 126% dari PDB diberikan peringkat tiga level lebih tinggi.
• Manajemen CIMB Group Holdings Bhd mengatakan, institusi pemeringkat internasional salah dalam menetapkan peringkat di sejumlah negara Asia Tenggara. Harga pasar dalam tiga tahun terakhir benar-benar terpisah dari peringkat yang disematkan CIMB Group Holdings Bhd.
• Menurut CIMB, hal itu cukup merugikan bagi negara-negara Asia Tenggara. Sebab, saat ini, surat utang negara-negara Asia sangat populer dibanding surat utang internasional lainnya. Namun, beberapa perusahaan pengelola dana yang ingin membeli surat utang Asia tidak bisa melakukannya karena mereka terbentur ketentuan yakni batasan untuk membeli surat utang yang memiliki peringkat A saja.
Source: Kontan
News
News
..................................................................................
..................................................................................
Sat Sep 26 2020 10:29 PM
Copyright © 2014 PT Bumiputera Sekuritas All Rights Reserved
Best view Chrome and firefox
Visitor : 800261
Phone : 021-529-60155 (Hunting) | Hotline Online Trading : 021-522-4560
Jasa Pembuatan Website By IKT