Rencana IPO Perusahaan Milik Keluarga Taipan11/03/2013Sejumlah perusahaan milik keluarga taipan di Indonesia akan menjual sahamnya kepada publik melalui penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO).
• Salah satunya adalah PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM). Perusahaan distributor motor tersebut mencari dana sekitar US$ 200 juta untuk pengembangan bisnis. Untuk itu mereka akan melepas sekitar 20% saham ke publik. Saat ini nilai aset perusahaan yang berada di bawah manajemen Saratoga Capital ini lebih dari US$ 500 juta.
• Rencananya, Mitra Pinasthika akan menawarkan saham perdana ke sejumlah negara. Mitra Pinasthika pun telah melakukan paparan terbatas ke BEI. Mitra Pinasthika akan menggunakan buku Desember 2012 sebagai dasar valuasi. Dengan demikian, paling lambat MPM akan mencatatkan saham Juni 2013.
• Mitra Pinasthika memiliki beberapa usaha, seperti distributor otomotif dan ritel, jasa rental, keuangan, dan asuransi. Tahun lalu penjualan perusahaan ini diproyeksikan Rp 10 triliun, tumbuh 25% dari 2011. MPM juga menjual oli Federal Oil Center. Selain Saratoga, pemegang saham MPM adalah PT Rasi Unggul Bestari.
• Tak mau ketinggalan, Tri Nugraha Thohir (TNT) Group juga berencana melepas sebagian saham anak usaha melalui penawaran perdana saham. Anak usaha tersebut adalah PT Wahanaartha Harsaka yang juga bergerak di bidang otomotif. Menurut manajemen, Wahanaartha memiliki potensi tumbuh besar. Ia memperkirakan, tahun lalu pendapatan Wahanartha mencapai Rp 8 triliun. Selain bergerak di jasa penjualan motor, Wahanaartha juga melayani bidang lain seperti rental motor dan logistik.
• Selain dua perusahaan tersebut, perusahaan milik taipan lain juga sedang bersiap-siap bertengger di papan pencatatan bur saham. Mereka adalah PT Dharma Satya Nusantara (DSN) dan PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ). Keduanya juga menggunakan buku Desember 2012 sebagai dasar valuasi.
• DSN berniat melepas 14 % saham ke publik dengan target perolehan dana segar sebesar US$ 200 juta. Perusahaan milik mantan bos PT Astra International Tbk (ASII) ini, bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, mengelola hutan tanaman industri (HTI), dan industri perkayuan. Total aset perseroan ditaksir mencapai US$ 500 juta.
• Selanjutnya, ANJ perusahaan milik Julus Tahija juga berniat melepas sekitar 20% saham ke publik. Target dana yang ingin dihimpun US$ 150 juta. Perusahaan ini fokus di sektor makanan, agribisnis, dan energi terbarukan. Aset Austindo ditaksir mencapai US$ 300 juta.
Source: Kontan
News
News
..................................................................................
..................................................................................
Wed Dec 02 2020 01:04 AM
Copyright © 2014 PT Bumiputera Sekuritas All Rights Reserved
Best view Chrome and firefox
Visitor : 807797
Phone : 021-529-60155 (Hunting) | Hotline Online Trading : 021-522-4560
Jasa Pembuatan Website By IKT